Senin, 06 Juni 2016

Jajanan SD Homemade ( Resep BASCILOR)

Assalamu'alaikum Wr.Wb

haaii, ketemu lagi di blog gue. kali ini gue mau bahas tentang JAJANAN SD. seperti telur gulung/telur baso aci gulung.
ya lo pada pasti pernah makan jajanan ini kan, kita tuh pas SD gak pernah peduli apa kondisi makanannya, yang penting enak. padahal tau sendiri. dari pembuatannya kita gak pernah tau itu bersih atau enggak. belum lagi minyak yang dipake ampe item, dan kita SD gak pernah peduli itu. sekali lagi yang penting ENAK hahah.
dulu pas gue SD harganya tuh 500 dapet 2. sekarang mah seribuan satu -_-. makin mahal yah :').
ngapa gue jadi curhat dah wkwkw~

bodo yah, namanya juga blog sendiri menuangkan pikiran dalam sebuah tulisan *ngomong apa sih*.
jadi, sebenarnya gue suka banget masak-masak. eksperimen di dapur. duit gue suka abis buat masak-masak. gue emang gak pinter masak amat. tapi setidaknya gue berani goreng IKAN (?) *skip*



yap, gue suka masak. dan adek gue alya jadi korbannya wkkw. jadi pertama kali nyicip alya dulu wkkw. enak apa enggak kwkw. kalau enggak enak yaudah ngjleb emang, dan gue gak akan buat makanan itu lagi *cepet nyerah*.
kadang gue gak percaya diri, buat ngasih hasil masakan gue sendiri. takut enggak enak, dan dibilang gitu nyesek sendiri kan. trus kalau boong tambah nyesek. mendingan gak usah gue kasih. yang ngerasain makananh gue sendiri atau alya udah cukup adek gue jadi korban. haaft kenapa gue kenapa!!! *curhat again*

kebetulan gue lagi pen banget makan bascilor, malam-malam lagi. kebiasan deh malam-malam pasti laper. akhirnya gue CARI resepnya kek gimana. alah gampang beud.
gue buat besoknya, beli bahan-bahannya. waktu itu gue makenya 1/4 dan BERHASIL. dapet 50an tusuk bascilor. tapi kata mamah kurang gurih.
ya sudahlah yang penting alya suka dan makanan ini abis cuman 5 hari -_-.

karena ini berhasil, dan emang murah banget bahan-bahannya. gue buat lagi. pernah gue mikir, 

"kalau dijual 1 tusuk ajah seribu gue dapet untung sekitar 35rb/hari sisa buat beli bahan tepung ama telor. telor di pake 1 ajah bisa ampe 15 tusuk"

DASAR OTAK JUALAN
DASAR PAD*NG
DASAR NCI2
OTAKNYA JUALAN MULU

*SKIP*

yaudahlah yah, namanya juga mahasiswi yang pen pegang duit sendiri. apa pun akan gue lakukan yang penting itu HALAL dan GUE SENENG >3< .

okey, okey, okey. sekarang ajah lah yah gue kasih tau
RESEP BASO ACI TELUR GULUNG :

BAHAN BUAT BASCILOR :
1. Tepung Tapioka/Aci     250gram    | 1/2 kg
2. Tepung Terigu   250 gram   | 1/2 kg
3. Bawang Putih (haluskan) 5 biji  | 7 biji
4. Air Mendidih 300ml | 500ml 
5. Mas*ko/garam
6. Merica Bubuk

BAHAN BUAT NGEGORENG :
1. Minyak Sayur
2. Telor 1 Buah
3. Air 5SDM
4 Garem

BAHAN LAINNYA :
1. Tusukan
2. Tepung Aci

CARA MEMBUATNYA :

1. satukan semua bahan tepung

2. Jan lupa kasih Lada dan juga garam/mas*ko

3. Beri lubang di tengah-tengah tepung

4. Tuangkan air mendidihnya di lubang tadi, jan semuanya yah perlahan-lahan.

5. jan lupa bawang putihnya. gue sih di blender biar agak kecium bawang putihnya

6. SIAP-SIAP DIADUK >3<)9

7. gue tadi nuangin airnya gak semuanya. jadi masih agak kering gitu. jdi tuangin lagi yah airnya

8. TARAA, udah kalis kek gini duh paling seneng kek playdough >3<

 9. diusahakan jan lengket yah. kalau lengket kasih tepung aci lagi

10. Siapkan air buat ngerebus adonan baso cilor nya

11.  gulung-gulung kek gini bebas lu dah panjangnya mau semana. diusahain agak tebal yah

12. masukan ke wajan yang berisi air ini (?)

13. kalau udah mengapung angkat yah^^

14.  tada, kata adek gue kek telur gabus hahahah

15. potong-potong sesuka hati kalian besarnya semana

16. taburin tepung tapioka/aci lagi yah biar gak nempel, aduk-aduk

17. jadi deh siapin tusukannya! kalau gue tusukin 5 butir doang sih

18. JADI DEH, ada 100 TUSUK (yang ini 1/2 kg tepung) 

19. SEKARANG BUATNYA BASCILORNYA
siapkan minyak lalu masukin bascilor ke wajan (wajannya dimiringin).
kalau ngerasa udah mateng (gak perlu lama-lama cukup 1 atau 2 menit) angkat, tiriskan wkwk.

19. lalu siapkan  gelas yang berisi telornya 1 butir ajah. kasih garam dan air sekitar 5 SDM ajah. 
masukin 1 tusuk bascilor kedalam gelas langsung ke wajannya. ulangin sampe 2x atau 3x setelah kalian tebelnya mau semana (PERNAH LAH KALIAN LIAT CARA NGEGORENGNYA DI BABANG BABANG)

kalau digambar ini, gue goreng lagi setelah selesai gue gulungin smua biar agak crunch/kecoklatan(?)



20. Selesai noh... 
 

21. kasih deh saos sambal.
tadi gue pake yang saos sambal kek dibabang-banag trus gue dimarahin ama mamah iya sih tau emang gak bagus. akhirnya pake saos sambel yang kek A*C, SAS*, INDOF*OD,DLL~



Sayang gak di upload nanti sedih, acinya ini kasian aci buangan aci sisa wkwkw :
HOE MASIH ADA SISA. tusukannya abis -_-. jadi dipaksakan jadi 6 butir 1 tusuk hahahahah



SEKIAN TUTORIAL/CARA/RESEP JAJANAN SD BASCILOR INI!
SEMOGA BERMANFAAT BAGI KALIAN SEMUA
POKONYA ENAK DEH AWET BANGET. DARI PADA LU BELI SERIBU-SERIBU MENDING BIKIN GAK RIBET >3<

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share jika bermanfaat untukmu, dan Komentar jika tidak paham heheh..
jan copy paste tanpa izin, dan beri narasumbernya jika mau COPYPASTE
yang sopan yah, ingat sekarang ada UU ITE^^