Senin, 05 Agustus 2013

Resep membuat Gochujang ala Indonesia

Assalamu'alaikum wr.wb

saya kembali, alhamdulilah akhirnya ketemu resep gochujang yang asli buat sendiri.
habisnya, gochujang ditempatku mengandung alkohol kurang lebih 0,7% . aku takutnya haram, tapi sebelumnya aku pernah beli gochujang instan (aku gak tau kalau ada alkoholnya) jadi yang ke2x nya aku gak beli lagi.


aku sempat bingung, Gochujang yang tidak mengandung alkohol ada gak? cari google gak ada. ingin sekali membuat toppoki. :'( .

akhirnya ketemu juga di Bento Mania . terimakasih ^^

ini dia resep membuat Gochujang yang insyallah gampang dibuat oleh kalian semua


Bahan dasar :
1 sdm cabe merah bubuk, atau bisa ditambah sesuai selera
2 sdm cuka
1 sdm gula
4 sdm kecap asin encer (light soy sauce)
2-3 siung bawang putih, diulek halus

Proses:
Cabe merah bubuk, cuka, gula, kecap asin diaduk jadi satu hingga gula larut. Campur dan aduk bawang putihnya.

Bahan lanjutan :
1 sdm bumbu gochujang dasar diatas
2 sdm cuka
1/2 sdt gula
1-2 sdm tepung ketan

Proses :
Campur bumbu dasar gochujang dengan cuka dan gula. Aduk hingga rata. Campurkan tepung ketan. Aduk hingga rata. Gochujang sederhana pun siap digunakan.



itu adalah resep-resepnya.
kira-kira ada yang berkomentar seperti ini di blog Bento Mania
 jika kalian ingin difermentasikan : 

 Begini, saya udah coba bikin gochujang sederhana ini..
Nah, saya bisa langsung pakai atau difermentasikan juga bisa kok...
Cara fermentasinya juga mudah.. Saya simpan gochujang dalam wadah plastik tertutup rapat, trus di lapisi sama koran 2 lembar biar benar2 kedap udara. Lalu dimasukin dalam kantong plastik. Saya simpan di lemari makan biasa. Ndak pake kulkas..
Sekarang udah 2 bulan loh dan gochujang saya baik2 saja.
Malah rasanya lebih enak dan hampir mirip aslinya
.. Semoga jawaban saya membantu...



sekian dari saya, terimakasih^^. selamat mencobaa~

Wassalamu'alaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share jika bermanfaat untukmu, dan Komentar jika tidak paham heheh..
jan copy paste tanpa izin, dan beri narasumbernya jika mau COPYPASTE
yang sopan yah, ingat sekarang ada UU ITE^^